Walikota Bima Resmikan Sekolah Penggerak Angkatan 3 di SMAN 1 Kota Bima

Kota Bima, Berita NTB.-Walikota Bima H. Muhammad Lutfi,SE meresmikan peluncuran (Launching) sekolah penggerak angkatan 3 di aula SMAN 1 Kota Bima, Jum’at (03/09/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Dikbid Kota Bima Drs. H. Supratman, M. Ap, Kepala Cabang Dinas (KCD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bima dan Kota Bima, Asisten I Setda Kota Bima, Abdul Gawis, 9 Kepala Sekolah Penggerak, 9 Pengajar Praktik, dan beberapa Kepala Sekolah TK, SD, SMP dan SMA serta 54 orang Guru Penggerak Kota Bima.

Walikota Bima menyampaikan harapan besar kepada kepala sekolah maupun guru yang sudah berhasil lolos dalam seleksi angkatan 3 guru maupun kepala sekolah penggerak untuk terus membekali diri dengan pengetahuan. Hal itu untuk menyiapkan generasi yang memiliki kompetensi global dan insan yang berkarakter Pancasila dan berintegritas tinggi sesuai dengan tujuan sekolah penggerak. “Guru adalah simbul moralitas. Jadi guru penggerak ini harus bisa memberikan tauladan yang berkarakter. Baik karakter moral maupun karakter kinerja,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kota Bima, Drs. Supratman, MAP, memaparkan, empat program prioritas dari Merdeka Belajar Program Sekolah Penggerak, adalah Organisasi Penggerak, Guru Penggerak, dan Guru Belajar Guru Berbagi. Tujuan dari semua ini adalah terwujudnya pelajar yang berkompetensi global dan berkarakter Pancasila yang diproyeksikan dalam enam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Enam dimensi tersebut adalah Beriman, bertakwa kepala Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong-royong, kreatif, mandiri, dan berpikir kritis.

Sekolah Penggerak Tahap I (pertama) di Kota Bima sebanyak 9 sekolah, yang terdiri dari 2 TK, 3 SD, 1 SMP dan 3 SMA. Untuk Pengajar Praktik ada 9 orang dan Guru Penggerak yang lulus 54 orang dari 60 orang yang ikut tes awalnya. “Kota Bima merupakan yang terbanyak di seluruh NTB,” ujarnya.

Kegiatan itui juga diisi dengan testimoni dari salah seorang wakil calon guru penggerak, yaitu Novi Puspitasari guru SDN 55 Dara. Selain itu, paduan suara dari SMPN 14 Kota Bima juga menghibur para undangan dengan lagu Mars Guru Penggerak yang diciptakan oleh Fris Wahyuddin, M. Si yang merupakan Pengajar Praktik sekaligus Kepala SMPN 14 Kota Bina dan diaransemen oleh Suadey, S. Pd guru SMPN 4 Kota Bima.

Walikota juga penyerahkan piagam penghargaan secara simbolis pada guru penggerak angkatan 3 Kota Bima Tahun 2021 (Muhajir guru SMAN 5 Kota Bima, Maria Ulfa guru SMPN 7 Kota Bima, Nurhayati guru SDN 12 Sarae dan Yusmalina guru TK Kemala Bhayangkari), selanjutnya kepada Sekolah penggerak Angkatan 1 SDN 28 Melayu Kota Bima Nurfatuh S.Pd. SD, kepada Pengajar Praktek Baharudin M.Pd guru SMPN 11 Kota Bima.(B.RI01)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar