Gedung Baru Perpustakan Kota Bima Sedang di Bangun Dana Bersumber dari APBN

Kota Bima, Berita NTB-Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah Kota Bima mendapat alokasi  Dana Alokasi Khusus (DAK) Senilai Rp. 9.798.000.000, miliar untuk membangun Gedung baru Perpustakaan Kota Bima, Senin (31/05/2021).
Papa Proyek

Dana Bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara APBN melalui Dirjen Pepustakaan dan pengkajian minat baca  Pusat tahun 2021, dikerjakan oleh pihak ketiga PT Qrelis Mandari Jaya, nomor Kontrak 01/ Kontrak/PPK.DPAD/II/2021.

Gedung tersebut dibangun tiga lantai berskala Nasional bertempat  di Eks Kantor Dinas Pertambangan Kabupaten Bima sebelah selatan Taman ria Wilayah kelurahan Monggonao, Kecamatan Mpunda Kota Bima, karena lokasi tersebut dinilai representatif dan juga lahan yang cukup luas sesuai dengan arahan dan petunjuk Walikota Bima.

Dengan adanya  gedung baru Perpustakaan nanti dipastikan bisa menampung masyarakat pengunjung lebih banyak lagi karena akan disediakan buku dan referensi lain untuk meningkatkan dan mengembangkan nilai minat baca.

Kata Kadis Gedung tersebut dibangun Sebagai  bentuk upaya untuk mewujudkan visi misi Pemerintah Kota Bima Dibawa kepemimpinan Walikota Bima  H.Muhammad Lutfi, SE termasuk bagian untuk mempercepat sarana  pembangunan perkotaan,” Kata Kadis. 

Pelaksanaan pekejaan gedung tersebut dilakukan selama 300 hari kalender terhitung mulai 18 Februari samapai Desember 2021 mendatang.

Dari anggaran tersebut hanya  untuk fisiknya bangunan  saja, menggunakan baja ringan. Progresif kerjanya  baru mencapai 4 persen saat ini pihak Pelaksana lagi menggunu bahan  pesanan dari surabaya, Insya Allah akan secepatnya diselesaikan,” Jelasnya.

Terkait saranan lain dan sebagainya  untuk mendukung pelayanan pengunjung lebih maksimal  akan diusulkan lagi di pusat untuk anggaran 2022 mendang.

Kalau sudah selesai dan serah terima bangunan tersebut oleh pihak ketiga ke Pemkot Bima melalui Dinas Perputakaan, akan di  isi dulu dengan koleksi buku perpustakan yang ada,”Ujarnya Kadis.

Selain itu Dinas Perpustakan juga mendapatkan alokasi anggaran Rp.500 juta untuk pengadaan buku baru bersumber dari Dana Alokasi Khusus DAK  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah APBD Kota Bima tahun 2021.

Saat ini  sedang  proses tender di LPSE Kota Bima, insya Allah akan selesai Tender awal juni 2021 mendatang dan pemenang tender akan mendistribusikan buku tersebut. 

Pengadaan tersebut  pun dilakukan berbagai jenis judul buku sesuai dengan kondisi  pengunjung  minat baca di Kota Bima,”Terangnya.

Menurut Mahfud sudah tepat sekali  posisi bangunan berada dipusat kota apalagi berhadapan dengan taman ria rencananya nanti lokasi taman ria akan dijadikan taman baca  Kota Bima akan dilengkapi juga dengan jaringan wifi gratis sebagai sarana pendukung pelayanan  pengunjung,”Tuturnya.

Kadis mendambahkan baahwa rencanannya dilantai atas gedung baru itu dijadikan Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Bima dan dilantai bawa akan dijadikan tempet para pengunjung minat baca,”Tambahnya.[β.01/G]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar