Pemkab Bima Akan Anggarkan Rp.1 Miliar Perbaiki Jalan Ndano Nae

BIMA, BERITA NTB.-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima akan menganggarkan sebanyak Rp1 miliar untuk memperbaiki kondisi jalan yang rusak di Desa Ndano Nae Kecamatan Donggo.

Hal itu disampaikan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, saat hearing dengan perwakilan Himpunan Mahasiswa Donggo dan Soromandi (HIMDOS) di aula kantor Bupati setempat, Senin (26/7/2021).

Tidak hanya itu, dihadapan perwakilan Himdos, Bupati juga memerintahkan pihak Dinas teknis terkait agar segera meninjau langsung kondisi jalan tersebut. Ia menjelaskan perbaikan jalan di Desa Ndano Nae, bahkan di Desa Palama sebenarnya dari tahun 2019-2020. Hanya saja, anggaran terkena refocusing untuk penanganan Covid-19.

“Karena refocusing anggaran semua pekerjaan tertunda termasuk perbaikan jalan Ndano Nae dan Palama,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei lanjutnya, kerusakan jalan di Kecamatan Donggo bagian barat sekitar dua dari panjang jalan enpat kilometer lebih.

“Untuk perbaikan sementara atau tambal sulam, kita akan upayakan anggarkan dalam APBD perubahan maksimal Rp1 miliar,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan berupaya agar pengaspalan jalan rusak yang tersisa dikerjakan pada tahun 2022 mendatang melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK).

“Tahun kedepan akan kita perbaiki. Anggaran yang akan disiapkan sekitar Rp6,5 miliar,” ujarnya.

Sebelumnya puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himdos menggelar aksi unjuk rasa, menuntut perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Donggo salahsatunya di Desa Ndano Nae. Ketua Himdos, Ahad Isnain mengatakan aksi unjuk rasa yang dilakukan pihaknya tersebut berawal adanya warga Desa Ndano Nae yang mengeluhkan kondisi kerusakan jalan di Desa setempat.

“Himdos hanya ingin hanya menyampaikan aspirasi warga kepada Bupati terkait masalah kerusakan jalan di Ndano Nae,” ujarnya.

Karena menurutnya, kondisi jalan yang rusak itu membuat aktivitas masyarakat cukup terganggu. Ia berharap sebelum pergantian musim kemarau ke hujan, jalan di Desa Ndano Nae sudah diperbaiki.(B.R01)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar