Pekerjaan Program Kotaku KSM Kelurahan Peruga Hampir Rampung

Kota Bima, Berita NTB–Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2021 Kelurahan Paruga mendapat Anggaran Sebesar Rp.300 juta untuk beberapa item kegiatan fiksik dan non fisik, Rabu ( 02/06/2021)

Lurah Paruga, Kamaruddin, SST

Lurah Paruga Kamaruddin, SST yang juga sebagai PLT BKM menjelaskan, untuk Kegiatan Non fisiknya yaitu pelatihan anggota BKM, KSM dan tukang.

“Dari anggaran sekitan Ratus juta itu juga ada untuk Kegiatan Pelatihan BKM, KSM, Beserta tukang dan kuli. 

Pelatihan ini dilakukan sebagai bekal mereka ketika melaksana tugas Dilapangan, sehingga bisa terhindar dari kecelakaan kerja dan lainnya,” ucapnya.

Sementara untuk fisik lanjut lurah, itemnya ada rehab atau perbaikan drainase yang rusak ringan maupun sedang, pembersihan drainase, dan rabat gang.

“Rabat gang ada di RW.03 Sigi dan Rw.04 Bara Timur sepanjang 100 Meter, sedangkan untuk Rw.06 dan 07 hanya perbaikan dan pembersihan drainase,” jelasnya.

Ditanya sudah berapa porsenkah pekerjaan fisiknya saat ini, kata dia, untuk pekerjaaan fisik itu sudah mencapai 70 persen dan masih sisa 30 persen.

“70 persen sudah selesai pengerjaannya, tinggal 30 persen untuk finising dan Perampungan,” terangnya.

Dijelaskannya, bahwa tugas BKM dalam program Kotaku ini hanya sebagai pengawas pengontrol bukan pelaksana, karena pelaksananya itu KSM. “Tugas kita hanya control, yang kerja itu KSM,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua KSM La Lere Keluharan Paruga Suharmajid juga mengatakan hal yang sama bahwa pelaksaan program Kotaku ini fisiknya sudah mencapai 70 persen dan masih sisa 30 persen.

“Sekarang kita masih menunggu perncairan untuk finising 30 porsenya,” jelasnya.

Dikatakannya,  bahwa pelaksanaan pekerjaan proyek kotaku ini pihaknya sudah mengerjakannya sesuai dengan petunjuk juknis dan tidak keluar dari itu.

“Kita sudah mengerjakannya sesuai aturan yang ada,” jelasnya.

Diharapkannya semoga program kotaku ini dapat dirasa manfaatnya oleh masyarakat, lebih khusunya masyarakat Kelurahan paruga. Dan tidak lupa juga dia mengucapkan terimaksih kepada pemerintah karena berkat program ini lingkungan yang dulunya kotor kini menjadi terlihat bersih dan nyaman.[β.01]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar