Ketua MK Anwar Usman Terima Gelar profesor Hukum dari Unissula

Bima, Kabarberitantb.com.- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman akan mendapat gelar profesor hukum dari Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Semarang.

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MHum mengatakan, Unissula menilai Anwar Usman layak menjadi profesor terkait keilmuannya di bidang hukum.

Pengukuhan direncanakan akan berlangsung 19 Maret 2022. Sedangkan penyerahan Surat Keputusan (SK)-nya tanggal 11 Maret 2022.

”Ketua MK tokoh yang sangat layak untuk mendapatkan gelar guru besar karena menilik rekam jejak yang luar biasa di bidang hukum. Sukses pimpin MK yang merupakan lembaga penting dalam menjaga marwah konstitusi,” jelas Prof Gun, sapaan rektor, Jum’at (4/3/2022).

Prof Gun mengatakan, Unissula berkomitmen mencerdaskan bangsa melalui pendidikan perguruam tinggi utamanya mencetak guru besar dan doktor. Unissula telah meluluskan lebih dari 500 doktor dari target awal 1000 ini merupakan capean yang luar biasa. Unissula juga akan berusaha untuk mencetak 100 guru besar ke depannya. ”Semoga dengan ini Allah meridhoi Unissula dalam ikhtiyar membangum generasi khaira ummah,” jelasnya, didampingi para wakil rektor.

Bersama Majelis Konstitusi, menurutnya, Unissula akan melakukan sinergi dan kerjasama dalam membentuk generasi bangsa yang khaira ummah yakni generasi terbaik bangsa ini dengan menjadikan taqwa adalah pedoman hidup yaitu mentaati perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua MK Anwar Usman, yang meninjau persiapan pengukuhan dirinya, di kampus Unissula, Jalan Kaligawe Semarang.

Anwar Usman mengatakan, sudah lima tahun terakhir ditawari jabatan profesor dari berbagai kampus. Tetapi belum tergerak menerima dan ketika ditawari Unissula, segera memantapkan niat dan hati untuk menerima.

Sebab menurutnya, sudah berkunjung dan mengenal Unissula jauh sebelum jadi ketua MK. Hal itu menjadikan lebih mantab karena Unissula punya background akademi membumi.

”Hari ini saya datang ke sini meninjau kesiapan penyelenggaraan acara mulai tempat yang akan diselenggarakan di auditorium Unissula yang berkapasitas 5.000 hadirin ini,” jelasnya.

Sementara itu, yang akan diundang dalam pengukuhan tersebut adalah presiden, wakil presiden, wapres dan para menteri. Namun tentunya dengan melihat kondisi terkini di tengah pandemi.

Adapun promotor dalam pemberian gelar adalah Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MHum, Ketua PDIH Prof Dr Anis Mashdurohatun SH MHum dan Sekretaris PDIH Dr Sri Endah Wahyuningsih SH MHum.(KB-005*)

1.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar