Tanam Pendidikan Agama Dimasa Pandemi, Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi Distribusikan 2000 Iqro

BIMA, BERITA NTB-Ditengah masa pandemi yang tak kunjung berakhir, Pimpinan Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi Bima, Nusa Tenggara Barat, mendistribusikan 2000 buku iqro di tujuh Kecamatan di Kabupaten Bima.

Iqro akan dibagikan langsung ke Taman Pendidikan Qur`an (TPQ) di Kecamatan Sape, Kecamatan Lambu, Langgudu, Monta, Palibelo, Ambalawi dan Kecamatan Wera. 

Menurut Salahuddin Al Ayyubi, penyaluran ribuan buku iqro ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia. Namun disamping itu, dimasa pandemi seperti sekarang ini, setiap TPQ diharapkan untuk meluangkan waktu berdoa bersama usai membaca iqro atau alqur’an memohon kepada tuhan agar indonesia segera terbebas dari wabah virus Corona. 

“Covid 19 akan menyerang siapa saja tak mengenal usia. Hanya satu cara yakni dengan tawakal memohon kepada yang kuasa agar kita segera terbebas dari wabah ini. Untuk itu, disaat momen PPKM ini pula, sangat tepat untuk menitikan pendidikan agama kepada anak anak,”kata Salahuddin Al Ayyubi saat ditemui pada Minggu (01/8/2021).

Sementara itu, program pemberian bantuan iqra Taman Pendidikan Qur’an (TPQ)  adalah program rutin tahunan dari Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi. Rencananya tahun ini akan dicanangkan 10.000 iqro, namun hingga detik ini yang berhasil terkumpul baru 2.000 buku iqro. 

“Pendistribusian 2000 iqro akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Iqro yang akan dibagikan tentu layak dibaca  sehingga anak anak semangat untuk belajar dan mampu mengantarkan mereka sebagai generasi bangsa yang qur’ani,”tuturnya. 

Dijelaskannya, program yang telah ia bangun selama bertahun tahun ini merupakan program yang sejalan dengan dua pemerintahan yaitu Pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kabupaten Bima dalam membumikan Alqur’an secara merata. 

“Meski jarang mendapat dukungan, namun sudah 10 tahun sudah saya tekuni. Tak hanya di bidang agama saja, akan tetapi Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi juga telah lama menggelar kegiatan perpustakaan keliling baca tulis, mendongeng dan bercerita untuk anak anak yang tinggal di pelosok dan terisolir diseberang laut,”ungkapnya.

Meski demikian, Salahuddin sangat berterima kasih kepada para wakif yang  telah membantunya termasuk bantuan iqro yang dimaksud. Ia berpesan, agar seluruh TPQ untuk dapat memanfaatkan dengan baik iqro yang akan dibagikan nantinya. 

“Semoga para wakif yang telah mewakafkan sebagian rejekinya mendapat imbalan yang setimpal dan  semoga bantuan iqro ini menjadi ladang  amal ibadah untuk mendapatkan ridho Allah SWT kepada semua pihak yang telah membantu. Kita tahu sendiri bahwa daerah bima adalah daerah yang kental saol agama, tentu saya pribadi ingin menciptakan daerah bima yang lebih agamais,”pungkasnya.(B.AR01)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar