Soal Pengancaman Nakes, Pemdes dan BPD Talabiu Mediasi Keluarga dan RSUD Bima

BIMA, BERITA NTB. – Pemerintah Desa (Pemdes) BPD Desa Talabiu Kecamatan Woha, bertemu Anggota DPRD Kabupaten Bima dan pihak RSUD Bima membahas persoalan yang dihadapi warganya terkait insiden pengancaman Nakes yang terjadi belum lama ini.

Pertemuan yang digelar di ruang kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Bima itu dihadiri langsung Ketua Komisi IV, Ilham Yusuf SH dan anggota lainnya, Direktur RSUD Bima drg. H. ihsan MPH, Kabid pelayanan RSUD Bima, Kades Talabiu, Ahmad dan Ketua BPD Talabiu, Arif Munandar serta pihak warga terkait.

Ketua BPD Talabiu, Arif Munandar, S.Ip mengatakan kedatangan pihaknya untuk menjembatani pihak keluarga dengan pihak RSUD Bima terkait persoalan di RSUD beberapa waktu lalu. 

“Kami mendampingi pihak keluarga bertemu pihak RSUD Bima terkait masalah penyelesaian persoalan hukum yang dihadapi warganya,” jelas Arif.

Lanjutnya lagi, pertemuan ini atas dasar pertimbangan kondusifitas keamanan di Desanya yang disebabkan pelaku pemanah belum diamankan oleh pihak berwajib hingga sekarang. 

“Ini yang kami khawatirkan. Kami harapkan ada solusi terbaik dalam menyelesaikan persoalan ini,” jelas arif. 

Ditempat yang sama, Direktur RSUD Bima, Drg. Ihsan MPH menjelaskan juga kondisi mental para Nakes di RSUD Bima saat ini. Kata dia kondisinya masih trauma. Selain ditambah beban kerja yang berat juga karena banyaknya tekanan dari masyarakat akhir-akhir ini. 

“Bahkan dokter yang mengalami langsung ancaman saat ini sudah izin tidak masuk sementara waktu,” jelasnya. 

Lebih lanjut dia menjelaskan dihadapan Pemdes dan keluarga, persoalan itu sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik. Namun dirinya melihat ada pihak-pihak yang sengaja memainkan narasi yang sifatnya provokatif untuk memperkeruh suasana.

“Bahkan ada juga yang memainkan isu “ganti direktur” dan pembulian terhadap saya karena dianggap tidak mampu menjalankan tugas sebagai Direktur RSUD Bima,” katanya

Meski begitu, Ia mengapresiasi kebersamaan Pemdes Talabiu dalam mencari solusi persoalan tersebut. Namum Ia meminta agar diberikan waktu beberapa hari kedepan untuk membahas bersama pihaknya di RSUD Bima.

“InSyaa Allah kita akan segera bicarakan dengan nakes di RSUD Bima dalam waktu dekat ini, ” jelas Direktur RSUD Bima.

Setelah mendengar penyampaian kedua belah pihak, Ketua komisi IV DPRD Kabupaten Bima, Ilham Yusuf, SH meminta terus dilakukan komunikasi terkait masalah itu.

Ia juga meminta Direktur RSUD Bima juga untuk selalu ikhtiar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan kepada Pemdes Talabiu untuk membantu mensosialisasikan SOP dan prosedur pelayanan RSUd kepada seluruh lapisan warga agar persoalan semacam ini tidak terulang kembali. 

“Semoga ada solusi terbaik untuk kedua belah pihak,” ujar Duta PKS ini menutup pertemuan itu.(B.AR2)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar