2 Tersangka Korupsi Dana Bansos Kebakaran di Bima Ditahan Jaksa

BIMA, BERITANTB.Com- Dua tersangka dana Bantuan Sosial (Bansos) kebakaran tahun 2020, Ismud dan Sukardin resmi ditahan penyidik Kejaksaan Negeri Bima, Jum’at (23/9/2022).

Sebelumnya, mantan Kadis Sosial H. Sirajudin ditahan pada Rabu (21/9). Tersangka dititip di rumah tahanan Polres Bima Kabupaten. Tersangka Ismud dan Sukardin dititip di rumah tahanan Polres
Bima Kota.

Tersangka Ismud saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Konsumsi dan Ketahanan Pangan pada Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bima.

Saat di Dinas Sosial menjabat sebagai Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Bima. Sedangkan tersangka Sukardin merupakan seorang tenaga sukarela pada Dinas Sosial Kabupaten Bima. Bersangkutan diangkat sebagai pendamping Bansos kebakaran tahun 2020.

Tersangka Ismud hadir di kantor Kejaksaan Negeri Bima didampingi istri. Sementara tersangka Sukardin hadir sendirian. Sebelumnya, Ismud dan Sukardin ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemotongan dana Bansos Kebakaran tahun 2020. Nilai pemotongan bervariasi, mulai Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu per orang warga penerima dana Bansos.

Dari total 283 orang penerima dana Bansos
Kebakaran tahun 2020, tidak semua dipotong. Hanya penerima manfaat pada enam desa. Modus dugaan pemotongan itu untuk biaya pembuatan SPj penggunaan uang oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sebenarnya, pembuatan SPj itu merupakan
tanggung jawab KPM. Disebabkan tidak bisa, pembuatan SPj difasilitasi tersangka dengan imbalan.

Sekitar pukul 17.14 Wita, dua tersangka dinaikan ke mobil tahanan Kejaksaan Negeri Bima untuk dibawa ke Polres Bima Kota.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar